Mama, Saya Tidak Mau Cabai, Pedassss… Hmmm Ada Manfaat Cabai Ngak Ya?

Mama, cabai sebenarnya pedas amatttt, tp kok masih banyak orang suka konsumsi cabai ya? Kenapa, Ma? Kenapaaaaa?

Mama: “Karena hanya cabai lah yang menghangatkan kita.” (Mama ini kok sepertinya buat kalimat macam terhanyut dalam drama ya….)

Yuk kita kupas dulu fakta tentang cabai…

1. Anda suka sama burung? Anda hobi memelihara burung? Anda ingin burung Anda berkicau? Ada baiknya untuk memberikan cabai merah sebagai pakan setiap seminggu sekali. Seperti diketahui, cabai merah memiliki kandungan vitamin C dan karoten (provitamin A), serta berbagai jenis mineral, seperti kalium (K), mangan (Mn), zat besi (Fe), dan magnesium (Mg) . Semua kandungan vitamin dan mineral itu sangat dibutuhkan oleh burung kesayangan Anda. Selain bisa membuat burung Anda berkicau, ternyata cabai juga memiliki manfaat lain sebagai terapi bagi burung yang mengalami obesitas atau kegemukan.

2. Dalam peradaban kuno suku Maya, Inca dan Aztec. Konon, cabai digunakan sebagai mata uang.

3. Menurut studi penelitian, jika Anda penderita migraine dan sakit kepala sinus, dapat mengonsumsi cabai sebagai pereda rasa sakit.

4. Menurut dr Prapti Utami, seorang konsultan herbal dan pengelola tanaman obat keluarga EVERGREEN, Bintaro Jaya, Tangerang.  Cabe Jawa (Piper retrofractum) dapat menjadi penyembuh penyakit karena mengandung unsur kimia yang berkhasiat menghilangkan rasa nyeri (analgesik), peluruh keringat (diaforetik), dan peluruh kentut (karminatif, stimulan, dan afrodisiak).

5. Apabila ayam peliharaan Anda jarang bertelur, Anda dapat merangsangnya dengan cara memberikan pakan makanan yang telah dicampur dengan bubuk cabai.

6. Tahukah Anda, jenis cabai ternyata banyak banget. Salah satunya ada cabai yang diberi nama banana pepper karena bentuk dan warnanya menyerupai buah pisang. Biasanya, banana pepper sering dijadikan makanan acar.

7. Di bulan februari 2012 lalu, Trinidad Scorpion Moruga Blend, cabe yang berasal dari Moruga, serta Tobago. Dicatat sebagai cabai terpedas di dunia. Sensasi yang ditimbulkan saat mengonsumsi cabai Trinidad bisa dikatakan unik. Rasa pertama kali yang dirasakan tidaklah pedas, namun selebihnya Anda akan merasakan pedas, pedas sekali dan sangat kepedasan.

8. Bagi Anda yang memiliki berat badan berlebih,biasanya rela melakukan segala cara untuk menurunkan berat badannya, seperti berolah raga atau berdiet ketat. Eits, ternyata mengonsumsi cabai dapat membantu pembakaran kalori sebanyak 25 % lho.

9. Di India, untuk meredakan amarah para perusuh dan demonstran yang melakukan aksi anarkis. Biasanya para polisi menggunakan pasta cabe bhut jolokia atau dalam bentuk bubuk yang digunakan sebagai gas air mata.

10. Untuk memenuhi kebutuhan vitamin A selama satu hari, dapat dilakukan dengan rajin mengonsumsi satu sendok teh cabe merah bubuk.

 

Mama, ternyata cabai unik juga ya, yuk Mama mulai sekarang kita makan cabai saja, bisa hemat juga.

 

Mama: “Iya, tapi Adik saja yang makan ya….”

Hahaha….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *