Udang & Jus Jeruk Sedap, Tapi Apa Berbahaya?

Mama, udang goreng atau udang asam manis pasti menggiurkan dijadikan menu makan malam apalagi disajikan dengan segelas jus jeruk dingin. Hati pun terasa senang, bahkan Papa pun bisa kelepek-kelepek waktu mengonsumsinya.

Tapi, ada isu beredar yang menyebutkan konsumsi udang dan jus jeruk secara bersamaan bisa mematikan. Ngeri aaahhh….

Yuk kita pastikan.

Udang & Jus Jeruk

Salah satu isu yang berkembang di dunia maya, vitamin C dalam jus jeruk bisa memicu reaksi senyawa arsenik menjadi racun yang mematikan. Namun, belum ada studi yang membuktikan kebenarannya, sehingga statusnya hanya sebagai mitos belaka, seperti dikutip dari buku Buka Fakta! 101 Mitos Kesehatan karangan Nutrifood Research Center, Senin (15/12).

Memang, secara alami makanan laut (terutama udang dan kepiting) mengandung senyawa arsenik. Namun, senyawa tersebut tidak banyak dan langsung dikeluarkan dari tubuh melalui urine sehingga tidak berbahaya, menurut publikasi ilmiah Clinical Chemistry.

Selain itu, menurut staf pengajar di Institut Pertanian Bogor (IPB), secara kimiawi tidak mungkin udang dan vitamin C bereaksi seperti itu.

Ahli gizi juga membantah anggapan tersebut. “Enggak, sebenarnya tidak apa-apa makan udang dan jus jeruk,” ujar Titi Sekarindah, pakar gizi dari Rumah Sakit Pusat Pertamina, Jakarta, seperti dikutip dari detikHealth.

Titi menuturkan jika ada orang yang mengalami keracunan setelah mengonsumsi keduanya, ada kemungkinan udang yang dimakan tidak fresh atau tidak bagus.

Selain itu, bisa juga disebabkan oleh terlalu banyaknya udang atau jus jeruk yang dikonsumsi. Jus jeruk diketahui bersifat asam, bagi orang yang memiliki masalah pada lambung bisa mengganggu pencernaan.

“Tapi kalau orangnya normal, tidak konsumsi udang dan jeruk secara berlebihan dan udang yang dimakan juga fresh maka tidak apa-apa atau tidak memicu terjadinya keracunan,” ujar dr Titi.

Karena itu untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, sebaiknya pilihlah udang atau makanan laut lain yang masih fresh, tidak mengonsumsinya secara berlebihan, serta pada orang dengan gangguan lambung sebaiknya hindari minuman asam.

Sekarang Mama sudah paham, kan? Tidak perlu takut lagi kalau gitu. Yuk masak udang untuk Papa tersayang ^^

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *