Ada Lho Makanan Mentah Yang Tidak Perlu Dicuci

makanan mentah

Pernah lho suatu hari ada gadis kecil duduk memperhatikan ibunya mencuci piring di dapur. Tiba-tiba perhatiannya beralih pada helai-helai uban di rambut ibunya.

Gadis Kecil: “Ma, mengapa beberapa lembar rambut Mama ubanan sih?”

Mama: “Ya, setiap kali engkau nakal dan membuat Mama menangis atau sedih hati, selembar rambut Mama menjadi putih.”

Gadis Kecil: (Merenung sesaat mendengar pencerahan itu) “Mama, lalu mengapa SEMUA rambut nenek menjadi putih semuanya?”

^^ Baik sekarang kita bahas yang penting dulu yuk.

Mama pasti sering mencuci apapun yang penting biar bersih. Sebenarnya ada Makanan Mentah yang tidak perlu dicuci. Apakah itu?

1. Daging

Manusia sudah terbiasa mencuci apapun, mulai dari pakaian, kain, mobil, bahkan dirinya sendiri. Berdasarkan pemikiran ini, wajar jika kemudian banyak orang selalu mencuci bahan makanan, termasuk daging. Sayangnya, mencuci daging (baik daging sapi, kambing domba, dan unggas) tidak begitu disarankan.

Bakteri yang ada di daging mentah ini bisa menyebar ke makanan lain, peralatan masak, peralatan makan, dan pemukaan dapur. Hal ini biasa disebut kontaminasi silang.

Melansir laman Pemeriksaan Keamanan Amerika Serikat (USDA FSIS), Senin (21/8/2017), banyak konsumen berpikir, dengan mencuci daging, mereka melenyapkan bakteri. Namun, kebanyakan bakteri pada daging menempel sangat erat sehingga tidak bisa dilepaskan, tidak peduli bagaimana dan seberapa sering Anda mencucinya.

Namun, ada juga tipe bakteri yang sangat mudah dibasuh tapi kemudian akan menempel pada permukaan dapur. Jika bakteri yang sudah berpindah tadi tidak dibersihkan, area yang terkontaminasi itu bisa jadi penyebab penyakit akibat bakteri udara.

2. Telur

Sama seperti daging mentah, telur juga tidak perlu dicuci sebelum disimpan. Telur memiliki lapisan khusus yang akan melindunginya dari bakteri. Mencucinya akan menghilangkan lapisan khusus tadi.

Memasak makanan pada suhu yang tepat bisa membunuh bakteri, jadi Anda tidak perlu mencucinya lagi.

Mencuci tangan setelah menangani daging mentah wajib dilakukan. Apa pun yang Anda sentuh setelah memegang daging (tanpa cuci tangan) bisa terkontaminasi.

Cuci tangan menggunakan air hangat, dan sabuni selama 20 detik, sebelum dan sesudah menangani makanan, dari kamar mandi, mengganti popok, merawat orang sakit, membersihkan ingus, bersin dan batuk, serta mengurus binatang peliharaan.

Untuk mencegah kontaminasi silang, penting untuk selalu membersihkan permukaan dapur yang bersentuhan dengan daging mentah. Bersihkan permukaan dapur menggunakan sabun.

 

Mama, pengetahuan Mama bertambah lagi bukan? Bersih itu bagus, tapi ada bahan masakan yang tidak perlu dibersihkan seperti yang dijelaskan di atas. Yuk sekalian baca biar jadi MaSan (Mama berwawaSan ^^) :

1. Air kelapa idaman supaya Mama selalu cantik.

2. Makanan yang cocok untuk fitness.

3. Kombinasi udang dan jus jeruk.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *