Mama, Si Kecil Susah Makan Sayur dan Buah. Ini Solusinya

Mama, Si Kecil Susah Makan Sayur. Ini Solusinya – Mama, pernah coba memasakan sayuran untuk sikecil?? dan si kecil ongah untuk makan?? ya.. mama itu masalah umum. Tapi Mama mau tahu solusinya agar si kecil mau mengkonsumsi sayuran. Ini  solusinya mama. Eh, jangan lupa dishare ya.. biar mama-mama lain juga tahu lo.. 🙂

1. Beri Contoh
Pola makan anak itu mengikuti pola makan orang tuanya. Jadi jika dalam keseharian tidak ada hidangan sayuran dan buah-buahan mama, jangan harap si kecil mau makan sayur. Biasanya anak-anak makan apa yang mereka ketahui. Dan mereka tidak akan meminta satu makanan khusus jika mereka tidak mengenalnya.

2. Jadikan makan sayur dan buah-buahan sesuatu yang menyenangkan
Anak-anak sangat suka bermain dan berimajinasi menjadi sesuatu. Contohnya ini mama, brokoli. Coba minta si kecil untuk berpura-pura untuk jadi dinosaurus dan minta si kecil untuk membayangkan brokoli jdi sebuah pohon. Setelah itu bilang kepada si kecil untuk memakan pohon tersebut agar bisa mengejar tyrannosaurus rex, si kecil pasti akan dengan senang hati memakan brokoli tersebut.

Intinya mama, buat memakan sayuran itu menjadi kegiatan yang menyenangkan ataupun jadi sebuah permainan untuk si kecil. Agar si kecil memakananya dengan penuh kegembiraan.

3. Ajak Anak terlibat
Anak-anak terkadang lebih tertarik dengan mengkonsumsi makanan jika mereka ikut menyiapkan makanan itu. Mama bisa mencoba membawa si Kecil ke pasar tradisional. Setelah itu biarkan mereka memilih satu atau dua sayuran untuk dimasak. Hal itu akan membuat si Kecil lebih tertarik untuk memakan sayuran yang dia pilih. Mama juga bisa mengajak si Kecil belajar menanam sayur-sayuran atau buah-buahan sendiri. Selain itu, Mama bisa mengajak si Kecil membersihkan wortel, mencuci kacang, sampai menyiapkan sayuran tersebut di meja untuk makan malam. Itu akan membuat si Kecil bangga dan lebih tertarik untuk makan sayuran dan buah-buahan.

4. Jangan paksa si Kecil menghabiskan makanan

Salah kaprah terbesar yang dilakukan orang tua adalah memaksakan si Kecil untuk mengkonsumsi makanan yang dia tidak suka agar dia menjadi suka. Padahal, paksaan itu justru menimbulkan pengalaman makan yang negatif bagi si Kecil. Akibatnya, si Kecil akan mengaitkan sayuran dan buah-buahan dengan perasaan negatif. Dan pengalaman tersebut akan terus melekat.

5. Beri hadiah untuk si Kecil
Menciptakan perasaan makan yang menyenangkan dapat mengurangi kecenderungan si kecil untuk memilih-milih makanan. Si Kecil tentu akan senang jika ia diberi hadiah saat mencoba satu gigitan sayuran atau buah-buahan yang sebelumnya ia tak suka. Di kemudian hari, si Kecil akan menganggap sayuran atau buah-buahan tersebut adalah makanan yang sehat. Sebab, hadiah biasanya berkaitan dengan sesuatu yang baik.

6. Berikan makanan yang warnanya beragam
Anak-anak biasanya suka dengan makanan yang berwarna-warni. Mama coba de kombinasikan berbagai sayuran dengan variasi warna yang kaya ke piring si kecil.

7. Bikin sajian makanan dalam bentuk yang menarik di piring

Anak-anak biasanya suka jika makanannya disajikan dengan bentuk-bentuk tertentu di piring mereka. Biasanya si Kecil lebih suka makanan mereka tidak tercampur. Jika Anda membuat bentuk sebuah gambar hati atau wajah tersenyum, si Kecil tentu akan lebih menyukainya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *