Manfaat Minum Kopi

Kopi adalah minuman yang disenangi banyak orang. Banyak studi mengatakan bahwa rutinitas minum kopi bisa memberikan manfaat bagi tubuh. Diantaranya meningkatkan konsentrasi, mengurangi stres hingga menurunkan risiko terkena kanker dan diabetes.

1. Minum sebelum pukul 14.00

Kafein dalam kopi merupakan stimulan yang mampu memberi sentakan energi dan buat tetap terjaga. Kafein akan diserap masuk ke darah dan jaringan dalam waktu 45 menit setelah dikonsumsi. Efeknya bakal membuat tubuh tetap terjaga hingga sekitar delapan jam.

Bila minum kopi di sore hari, hal ini bisa mengganggu jadwal tidur yang tentu saja bisa berpengaruh pada munculnya beberapa masalah.

Menurut pedoman, disarankan tidak lagi mengonsumsi kopi setelah pukul 14 atau 15. Namun, ada juga orang yang tidak sensitif terhadap kopi sehingga tidak memengaruhi tidurnya.

2. Gula jangan terlalu banyak

Kehadiran gula pada kopi, pada sebagian orang akan membuat minuman tersebut begitu nikmat. Namun, mengonsumi gula berlebihan memicu obesitas dan diabetes. Jika bisa mengonsumsi kopi hitam saja, lebih bagus bukan?

3. Kurangi pemanis tambahan

Selain gula, tidak disarankan menambah pemanis artifisial (artificial sweetener). Walau bebas kalori, aneka studi observasi menyebut hal ini bisa memicu beberapa masalah kesehatan di kemudian hari.

4. Tambahkan kayu manis

Aroma dan rasa khas kayu manis bakal pas bila ditambahkan pada kopi. Ada studi menyebutkan manfaat kayu manis bila dikonsumsi tubuh mulai dari menurunkan gula darah dan kolesterol.

5. Tambahkan bubuk cokelat ke kopi

Bubuk cokelat (kakao) dikenal kaya kandungan antioksidan yang terkait ampuh merunkan risiko penyakit jantung lho.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *