Manfaat Dari Kacang Polong yang Jarang Diketahui

Kacang polong merupakan salah satu jenis kacang – kacangan dengan warna hijau yang menjadi ciri khasnya. Biasa dimasak bersamaan dengan sayur lainnya dan termasuk kedalam golongan legum seperti buncis. Banyak dijual dalam keadaan mentah segar, kupasan, maupun berkulit.

Kabarnya kacang polong di Indonesia dibawa oleh orang – orang Belanda pada masa penjajahan kolonial belanda sebab konsumsi meraka pada tanaman ini sangat tinggi dan sering dijadikan bahan tepung untuk mereka. Dibalik itu ternyata banyak kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh dan juga antioksidan serta serat. Berikut manfaat yang didapat dari mengonsumsi kacang polong.

  1. Menjaga kesehatan jantung
    Kandungan fitonutrien, seperti saponin, asam fenolat, dan flavanol sangat baik untuk kesehatan jantung. Flanavol sendiri merupakan Zat anti inflamasi (anti radang) dan dapat mencegah terbentuknya pembekuan darah yang sering jadi penyebab terjadinya serangan jantung dan stroke. Kacang polong juga dapat menurunkan kadar homosistein karena mengandung vitamin B1, vitamin B3, vitamin B6, omega 3, asam alfa linoleat dan asam folat. Vitamin B3 mampu menurunkan kadar kolesterol LDL dan trigliserida serta kandungan omega 3 dan asam alfa linoleat baik bagi kesehatan jantung.
  2. Obat penderita diabetes
    kacang polong memiliki indeks glikemik yaitu kemampuan makanan untuk mempengaruhi kadar gula darah yang dianjurkan bagi penderita diabetes. Mengonsumsinya dapat mengurangi efek oksidasi radikal bebas dan menurunkan resiko diabetes.
  3. Mencegah kanker
    Antioksidan yang ada dapat mencegah dan menghambat pertumbuhan sel kanker dan kandungan polifenol cousmestrol dapat mencegah terjadinya kanker lambung. Antioksidan seperti lutein, karoten, zeaxanthin dan zat lain seperti asam benzoat, asam sinamat, lektin, beta sitosterol, dan flavonol glikosida dapat mencegah terjadinya kanker prostat dan payudara.
  4. Mencegah penuaan dini
    Vitamin C yang terkandung pada kacang polong dapat mencegah terjadinya infeksi kuman dan membuang radikal bebas didalam tubuh. Antioksidan yang lain seperti flavonoid, karotenoid, asam fenoleat, dan polifenol dapat menghambat proses penuaan dan kerutan pada kulit.
  5. Membantu saluran pencernaan
    Banyaknya kandungan serat pada kacang polong dapat mencegah terjadinya sembelit dan mengonsumsinya secara teratur dapat mengatasi berbagai gejala gangguan pencernaan.

Keep Smart Mama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *