Manfaat Buah Pir Bagi Kesehatan

Buah pir sudah pasti punya banyak penggemarnya karena rasanya yang manis dan renyah saat digigit akan mengeluarkan air. Pir sendiri merupakan pohon yang berasal dari daerah beriklim tropis di Eropa Barat, Asia, dan Afrika Utara. Umumnya buah ini berbentuk lonjong ke atas.

Buah pir banyak mengandung nutrisi yang dibutuhkan tubuh seperti vitamin A, vitamin E, kalsium, zat besi, niasin, fosfor, seng, asam pantotenat, kolin, betain, dan selenium. Berikut manfaat yang akan didapat jika mengonsumsi pir :

  1. Mengandung antioksidan
    Efek antioksidan glutathione dan anti-kanker yang ada pada pir dapat mencegah kanker, tekanan darah tinggi, dan stroke. Penelitian membuktikan bahwa mengonsumsi pir yang segar setiap pagi dapat mencegah pertumbuhan kanker, mengurangi peradangan, dan menjaga kadar pH dalam tubuh. selain itu juga dapat mengurangi kadar lemak lipid dalam darah.
  2. Sumber vitamin C
    Mengonsumsi pir dapat mendukung kekebalan tubuh yang sehat. Kandungan vitamin C yang tinggi pada pir mampu mengatasi kerusakan sel dari radikal bebas dan stress oksidatif serta melindungi sel DNA, menghentikan mutasi sel, menjaga metabolisme, dan memperbaiki jaringan yang rusak pada tubuh.
  3. Kesehatan kulit
    Sebagai sumber vitamin C, Pir juga baik untuk kesehatan kulit bagian terluar dan juga dapat meningkatkan kekebalan kulit terhadap infeksi. Selain itu juga memiliki efek anti-penuaan dan pembaharuan sel pada kulit.
  4. Mengandung serat baik
    Serat pada pir terbilang banyak, Serat sendiri memiliki peran penting menjaga kadar gula darah. Bukan serat biasa melainkan serat pektin yang penting untuk membantu menurunkan tingkat kolesterol dan meningkatkan kesehatan sistem pencernaan.
  5. Mencegah sembelit
    Serat memang bagus untuk sistem pencernaan. Namun serat pektin memiliki nilai lebih karena memiliki efek pencahar untuk kamu yang sembelit. Konsumsi setiap hari dan itu akan memperlancar pergerakan usus, mencegah retensi air, dan mengurangi rasa kembung.
  6. Mencegah diabetes
    Pada buah pir terdapat kandungan flavonoid yang sering disebut menjadi kunci mencegah dan mengobati diabetes. Banyak peneliti membuktikan bahwa mengonsumsinya dapat menurunkan risiko pembentukan diabetes dan dianggap sebagai buah rendah indeks glikemik yang baik untuk gula darah.
  7. Menjaga kesehatan tulang
    Vitamin K dan zat boron pada buah pir dapat menjaga kesehatan tulang yang sering jadi masalah penderita osteoporosis. Nutrisi lainnya seperti kalsium, magnesium, dan fosfor juga berperan mencegah kerusakan tulang. Zat boron berfungsi penting penting untuk menjaga tulang tetap kuat.

Keep Smart Mama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *