Manfaat Jamur Bagi Kesehatan

Jamur merupakan tumbuhan yang tidak memiliki klorofil sehingga bersifat heterotrof. Tubuh jamur terdiri dari benang – benang semacam serat yang disebut hifa. Jamur berkembang dengan menyerap zat organik dari lingkungannya melalui hifa dan miseliumnya. Cara hidupnya dengan melakukan simbiosis mutualisme. Umumnya jamur hidup didarat namun ada juga sebagian yang hidup di air tetapi bersifat parasit.

Di Nusantara sendiri jamur termasuk makanan favorit. Biasa diolah dalam bentuk goreng atau tauco. Banyak lagi kreasi makanan dari jamur. Tidak hanya nikmat, Jamur juga punya banyak manfaat untuk tubuh, Berikut Manfaat yang didapat :

  1. Sumber vitamin D
    Jamur termasuk tanaman dengan kandungan vitamin D yang tinggi. Jamur memproduksi vitamin D saat tereskpose sinar matahari. Sinar yang terekspose merupakan ultraviolet B yang mengubah bentuk level vitamin pada jamur. Maka dari itu jamur baik untuk tulang.
  2. Meningkatkan imunitas tubuh
    Ada satu jenis jamur yang mampu meningkatkan imunitas tubuh yaitu Jamur kancing putih. Jamur akan meningkatkan produksi sel antivirus dan perbaikan sel tubuh yang membuat sistem imunitas jadi semakin kuat.
  3. Kaya akan antioksidan
    Kamu akan terhindar dari proses oksidari karena adanya antioksidan pada jamur dengan kadar tinggi. Tidak seperti sayur lainnya yang mencolok dengan warnanya yang cerah untuk menandakan tanaman itu tinggi karbohidrat tapi tidak pada jamur yang memiliki warna sedikit pudar.
  4. Menjaga metabolisme
    Menjaga metabolisme sangat penting agar dapat melakukan aktivitas keseharian seperti biasa. Faktor utama obesitas juga terdapat pada metabolisme yang tidak sehat. Vitamin B pada jamur penting untuk metabolisme tubuh yang akan mengubah makanan menjadi glukosa dan digunakan sebagai energi.
  5. Mencegah kanker kandung kemih
    Jamur ternyata juga dapat mencegah timbulnya kanker kandung kemih. Pada jamur terdapat selenium yang dapat menurunkan risiko terjadinya kanker darah. Kadar selenium yang dibutuhkan oleh wanita lebih tinggi daripada pria karena wanita lebih rentan terhadap penyakit kandung kemih.
  6. Mencegah diabetes
    Jamur juga termasuk makanan rendah kalori namun kaya akan protein, vitamin, air, dan tidak mengandung kolesterol maupun lemak. Kandung insulin yang ada pada jamur dapat memerangi diabetes. Jamur juga dapat membantung mempercepat proses pemecahan gula.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *