Manfaat Ikan Tongkol Bagi Kesehatan

Tongkol merupakan jenis ikan laut yang termasuk dalam suku Scombridae. Ikan ini bisa tumbuh sepanjang 100 cm FL (Fork Length) tapi umumnya yang ada di pasar sekitar 60 cm atau kurang dengan warna gelap metalik dan tanpa sisik. Ikan ini di Indonesia sangat disukai, Bahkan banyak kreasi olahannya. Tidak hanya enak dimakan, Ternyata ikan ini punya berbagi manfaat yang tidak kita ketahui. Berikut manfaat yang bisa kita dapatkan.

  1. Kaya vitamin dan mineral
    Jika kamu mengonsumsi satu porsi ikan tongkol sebanyak 150 gram. Maka kamu akan mendapatkan nutrisi seperti vitamin A 2%, vitamin C 2%, kalsium 2%, zat besi 13%, 39 gram protein, 521 mg natrium, 46 mg kolesterol, 179 kalori, 1 gram lemak.
  2. Tinggi akan protein
    Mengonsumsi tongkol merupakan termasuk pilihan terbaik karena kandungan protein yang ada dapat mencukupi kebutuhan protein harian kamu. Protein sangat penting untuk membangun sel dan jaringan baru untuk menggantikan yang rusak. Tidak hanya itu, Protein dapat memperbaiki sel yang rusak, meningkatkan sistem imun, menguatkan tulang dan otot serta rambut, kulit, dan kuku.
  3. Menurunkan berat badan
    Kandungan kalori yang ada termasuk rendah per porsinya dan pastinya bisa jadi menu diet kamu. Dengan tambahan protein juga dapat menurunkan kadar ghrelin yang bertanggung jawab untuk merangsang rasa lapar yang berlebihan dan kamu terhindar dari makan yang berlebih dan tidak sehat.
  4. Menjaga kadar elektrolit
    Natrium dengan kadar tinggi pada tongkol dapat membantu menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh dan berperan penting dalam menjaga fungsi saraf dan otot normal. Mengonsumi tongkol dapat menghindarkan kamu dari hiponatremia biasa disebut dengan kadar natrium rendah yang dapat membuat kamu jadi rentan terkena dehidrasi, muntah, dan diare.
  5. Meningkatkan kesehatan kelenjar tiroid
    Kelenjar ini berada di leher berfungsi untuk mengatur metabolisme, menghasilkan hormon, dan mempertahankan tingkat energi pada tubuh. Jika kelenjar tiroid memiliki masalah maka akan timbul gejala serius seperti perubahan berat badan, buang air besar, serta kemampuan seksual kamu.
  6. Meningkatkan fungsi otak
    kandungan penting untuk otak seperti asam omega 3 dan niacin. Niacin sendiri merupakan mineral yang dapat menurunkan risiko penyakit Alzheimer dan demensia akibat bertambahnya usia. Asam omega 3 dapat meningkatkan fungsi otak dan dapat melindungi dari masalah kesehatan mental.
  7. Kaya akan antioksidan
    Senyawa antioksidan yang ada dapat menetralkan radikal bebas bagi tubuh. Pengaruh radikal bebas dapat merusak sel dan menimbulkan risiko penyakit. Selenoneine ternyata juga ada pada ikan tongkol yang termasuk salah satu zat antioksidan.
  8. Mengurangi peradangan
    Peradangan sering terjadi dikehidupan kita seperti luka luar ataupun dalam. Peradangan sendiri sebenarnya respon dari tubuh ketikan sistem imun bekerja melawan virus, bakteri, infeksi, atau penyakit. mengonsumsi ikan tongkol dapat mempercepat proses penyembuhan peradangan.

Keep Smart Mama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *